1. Jelaskan
apa yang menjadi kunci sukses kewirausahaan berdasarkan uraian di atas !
Jawab
: Kunci keberhasilan dalam berwirausaha menurut uraian di atas adalah dengan
melakukan analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, and threat).
Keberhasilan usaha di pengaruhi oleh beberapa hal:
a. Percaya
dan yakin bahwa usaha atau bisnisnya dapat dilaksanakan.
b. Menerima
gagasan baru di dalam usaha atau bisnis.
c. Introspeksi
diri.
d. Mendengarkan
saran-saran orang lain.
e. Bersemangat
dan bergaul.
Dengan
memiliki modal utama untuk meraih keberhasilan diantaranya:
1) Pola
berpikir yang mengarah pada sikap dan kemampuan untuk sukkses.
2) Kepribadian
yang kuat untuk sukses.
3) Kecakapan
dalam mengelola usaha.
4) Menerapkkan
manejemen usaha yang baik.
5) Berani
memikul segala risiko dalam usaha atau bisnis.
Selain
itu kunci sukses kewirausahaan yang lain diantaranya :
1.
Pengetahuan khusus
Anda
harus memiliki pengetahuan khusus terkait dengan bisnis yang akan jalankan.
Tanpa mengetahui seluk-beluk produk atau dinamika market tertentu, Anda menempatkan
diri Anda pada kegagalan. Kurangnya pengetahuan akan membuat keputusan yang
buruk dan belajar dari kesalahan yang mahal bukanlah hal yang mudah bagi
pengusaha. Ketika Anda men-set bisnis, hanya ada satu peluang yang sempit –
satu atau paling banyak dua tahun – dimana Anda harus sukses sebelum Anda
kehabisan sumber atau energi. Terlepas dari pengetahuan khusus, Anda juga harus
memahami dasar area dan perdagangan bisnis Anda dengan cepat, mulai dari akun
dan administrasi sampai marketing dan produksi.
2.
Percaya diri
Meluncurkan
bisnis baru adalah perjuangan dan tanpa kepercayaan diri dan kemampuan untuk
melihat situasi, maka akan mudah hancur. Karyawan merefleksikan moral pengusaha
dan jika mereka merasa Anda tidak jujur atau tidak aman, mereka akan menjadi
gelisah dan tidak ada motivasi. Anda harus belajar menyimpan ketakutan dan
kecemasan dalam hati dan merefkeksikannya secara personal. Dihadapan publik,
Anda harus menjadi figur yang tenang dan percaya diri.
3.
Keuletan
Kemampuan
untuk melihat situasi adalah kualitas yang dimiliki pengusaha sukses. Orang
yang demikian mampu bertahan dalam kondisi bisnis yang tidak menentu dengan
keteguhan dan keuletan. Kemauan yang kuat lebih diperlukan di tahap awal usaha,
bahkan ketika goncangan kecil terjadi dalam bisnis. Pengusaha harus belajar
untuk bangkit dari kegagalan yang dihadapi.
4.
Motivasi yang tepat
Mengapa
Anda ingin memulai usaha Anda ? Apakah semata-mata untuk menghasilkan banyak
uang sehingga Anda bisa membeli kondominium? Apakah ada sesuatu yang lebih
tinggi yang mendorong Anda ? Pengusaha yang memiliki motivasi lebih tinggi
daripada nilai sekedar kaya cenderung membangun bisnis yang bisa bertahan lama.
Mereka di dorong oleh keinginan untuk menciptakan sesuatu yang berharga. Mereka
memberikan benefit di lingkungannya dengan memberikan produk dan jasa yang unik
atau melakukan sesuatu dengan cara yang lebih baik sehingga memberikan
kesejahteraan bagi setiap orang. Tentu, mereka juga menjadi kaya secara
signifikan, tapi ini yang jarang dijadikan motivasi utama.
5.
Kreatifitas dan inovasi
Kreatifitas
adalah kemampuan memberikan solusi unik dari permasalahan. Pengusaha sukses
mengadopsi teknik pemecahan masalah yang kreatif untuk menghadapi tantangan.
Pemikiran kreatif dan inovatif yang demikian diperlukan di semua area, dari
mengisi kekosongan pasar, dan memvisualisasikan produk dengan sistem dan
prosedur yang lebih efisien dan biaya yang efektif. Terkadang, hanya diperlukan
satu ide bagus untuk mengubah keberuntungan bisnis dan mengeluarkan produk yang
bagus.
6.
Pandangan Strategik
Tidak
ada pengusaha yang sukses tanpa pandangan stratejik terhadap perubahan banyak
hal. Langkah apa yang harus diambil dimasa datang? produk baru apa yang
diluncurkan ? haruskah operasional dikonsolidasikan atau ekspansi ? investasi
uang atau membangun modal cadangan ? apa langkah kompetitor selanjutnya ?
akankah terjadi penurunan ekonomis ? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan
tersebut tergantung pada pandangan stratejik pengusaha. Pengusaha yang sudah
lama malang-melintang di dunia bisnis memiliki pengalaman tersebut atau hanya
dengan mengandalkan memiliki peluang yang bagus untuk sukses karena mereka bisa
merasakan kemana arah angin bertiup dan akan mengarahkan kemudi di arah angin.
7.
Kepemimpinan
Seorang
pengusaha harus bisa menjadi seorang pemimpin. Kepemimpinan adalah kualitas
yang memberikan panduan dan inspirasi bagi mereka yang melihat ke arah Anda.
Banyak orang yang beruntung terlahir dengan kualitas kepemimpinan. Bagi yang
lain, merupakan keterampilan yang didapat dari kerja keras dan pengalaman.
Bagaimanapun, tidak ada pengusaha berhasil tanpa kualitas kepemimpinan untuk
memotivasi orang yang bekerja dengannya, dorong mereka untuk memberikan yang
terbaik dan tentukan arah kemana mereka melangkah.
8.
Menghilangkan ego
Pengusaha
dengan ego yang tinggi tidak bisa menghargai pandangan orang lain kecuali
pandangannya sendiri. Mereka mudah tersinggung dan orang yang berbakat akan
kesulitan bekerja dengannya. Ini bisa menjadi pangkal masalah. Karyawan dengan
tingkat self-respect dan intelegensi akan meninggalkan organisasi atau berusaha
low profile di tempat kerja. Mereka yang ambisius akan mengatakan pada bos apa
yang hanya ingin dia dengar. Pengusaha yang egois tidak bisa menilai karyawan
berdasarakan kontribusinya pada perusahaan. Mereka akan menilainya dari sudut
pandang suka dan tidak suka. Pengusaha yang demikian akan menjadi santapan
kompetitor.
9.
Kemampuan untuk berbelok
Fleksibilitas
dalam berpikir adalah kualitas kunci bagi pengusaha. Mereka harus bisa merubah
pandangan dan strategi berdasarkan situasi yang terjadi. Untuk melakukannya,
ego perlu dihilangkan. Jika Anda memiliki sifat yang demikian, Anda tidak akan
mengakui kesalahan yang sudah Anda buat dan menolak untuk
mempertanggungjawabkan keputusan Anda. Pengusaha yang egois terus
menggelontorkan uang untuk proyek yang tidak memiliki harapan memberikan
keuntungan. Salah satu contoh yang paling dikenal – yang masih diajarkan di
sekolah bisnis – yang memiliki kemampuan untuk berbelok adalah Microsoft.
Perusahaan ini tidak menghiraukan fenomena Internet saat mulai populer
dipenjuru dunia. Setelah dua tahun mengabaikannya, Microsoft meninjau ulang
posisinya dan “membelokkan perusahaan dalam sekejap.” Dalam melakukan
perubahan, perusahaan berhadapan dengan teknologi baru, melakukan akuisisi,
mengeluarkan produk baru, dan kini berada di garis depan revolusi Internet.
Semua ini tidak akan pernah terjadi jika manajer puncak tidak fleksibel dalam
melakukan pendekatan dan cukup rendah hati untuk mengatakan “Kami telah melakukan
kesalahan dalam hal ini .”
10.
Etika
Etika
adalah faktor terbesar yang didengar prospek terhadap perusahaan untuk jangka
panjang. Rekan – suplier, konsumen, karyawan, bankir, pemegang saham – tidak
suka berhubungan dengan pengusaha yang tidak jujur. Mereka akan sulit
menghilangkan sakit hatinya dan harus selalu waspada. Kejujuran dan etika
adalah benih kepercayaan dan ketika orang lain mulai mempercayai Anda, banyak
pintu yang akan terbuka.
2. Mengapa
ide dipandang sebagai modal utama dalam kewirausahaan?
Jawab
:
Karena
dengan ide bisa menghasilkan hal-hal dibawah ini :
• Inovasi
Keberhasilan
wirausaha dicapai apabila wirausaha menggunakan produk, proses, dan jasa-jasa
inovasi sebagai alat untuk menggali perubahan.
• Mengubah tantangan menjadi peluang
Menciptakan
permintaan melalui penemuan baru (market driven).
Menurut
Zimmerer, ide-ide yang berasal dari wirausaha dapat menciptakan peluang untuk
memenuhi kebutuhan pasar. Dalam mengevaluasi ide, wirausaha perlu
mengidentifikasi dan mengevaluasi semua resiko yang mungkin terjadi dengan
cara:
• Pengurangan resiko melalui strategi
yang proaktif
• Penyebaran resiko pada aspek yang
paling mungkin
• Pengelolaan resiko yang mendatangkan
nilai atau manfaat
Ada
tiga resiko yang perlu dievaluasi, yaitu:
• Resiko pasar atau resiko persaingan,
terjadi akibat adanya ketidakpastian pasar
• Resiko finansial, terjadi akibat
rendahnya hasil penjualan dan tingginya biaya
• Resiko teknik, terjadi akibat
kegagalan teknik
Bagaimana
ide dapat menjadi peluang, ada beberapa cara untuk melakukannya yaitu:
• Ide dapat digerakkan secara internal
melalui perubahan cara-cara/metoda yang lebih baik untuk dapat memenuhi
kepuasan pelanggan
• Ide dapat dihasilkan dalam bentuk
produk dan jasa baru
• Ide dapat dihasilkan dalam bentuk
modifikasi, bagaimana pekerjaan dilakukan atau dimodifikasi cara melakukan
suatu pekerjaan
Selain
itu ide bisa membuahkan hasil orang untuk berpikir kreatif karena ada keinginan
yang kuat pada pribadinya untuk menghasilkan sesuatu kemajuan, akibat dari
adanya dorongan untuk berprestasi yang tinggi serta adanya kesadaran akan
pentingnya sesuatu yang baru tersebut. Berpikir kreatif sangat erat hubungannya
dengan kreativitas, karena kreativitas merupakan hasil dari proses berpikir
kreatif yang dilakukan seseorang. Inovasi adalah penerapan secara praktis
gagasan yang kreatif.
3. Pengetahuan,
ketrampilan, dan kemampuan apa yang harus dimiliki wirausaha agar dapat
bersaing dalam lingkungan global?
jawab :
·
Bekal pengetahuan yang harus dimiliki
wirausaha meliputi :
1. Bekal
pengetahuan mengenai usaha yang akan dimasuki / dirintis dan lingkungan usaha
yang ada.
2. Bekal
Pengetahuan tentang peran dan tanggung jawab
3. Bekal
Pengetahuan tentang manajemen dan organiasi bisnis
·
Bekal keterampilan yang harus dimiliki
wirausaha meliputi :
1. Bekal keterampilan konseptual dalam
mengatur strategi dan memperhitungkan resiko
2. Bekal
keterampilan kreatif dalam menciptakan nilai tambah
3. Bekal
Keterampilan dalam memimpin dan mengelola
4. Bekal
keterampilan berkomunikasi dan berinteraksi
5.Bekal
keterampilan teknik usaha yang akan dilakukannya.Kemampuan kreatif dan inovatif
tersebut tercermin dalam:
• Kemampuan
dan kemauan untuk memulai usaha (start-up)
• Kemampuan
untuk mengerjakan sesuatu yang baru (creative)
• Kemampuan
dan kemampuan untuk mencari peluang (opportunity)
• Kemampuan
dan keberanian untuk menanggung resiko (risk bearing)
• Kemampuan
untuk mengembangkan ide dan meramu sumber daya
4. Dengan
cara apa peluang dapat diciptakan oleh wirausaha?
Jawab
:
·
Menciptakan Produk Baru dan Berbeda
Produk
dan jasa yang dibuat harus menciptakan nilai bagi pembeli, untuk itu wirausaha
harus benar-benar mengenal perilaku konsumen di pasar.
Ada
dua unsur pasar yang perlu diperhatikan:
•
Permintaan terhadap barang/jasa yang dihasilkan
•
Waktu penyerahan dan waktu permintaan barang/jasa
Kemampuan
untuk memperoleh peluang, sangat bergantung pada kemampuan wirausaha untuk
menganalisis pasar, yang meliputi aspek:
•
Analisis demografi pasar
•
Analisis serta tingkah laku pesaing
•
Analisis keunggulan bersaing pesaing dan kevakuman pesaing yang dapat dianggap
dapat menciptakan peluang
·
Mengamati Pintu Peluang
Wirausaha harus mengamati
potensi-potensi yang dimiliki pesaing, misalnya:
• Kemungkinan
pesaing mengembangkan produk baru
• Pengalaman
keberhasilan dalam mengembangkan produk baru
• Dukungan
keuangan
• Keunggulan-keunggulan
yang dimiliki pesaing di pasar
Kemampuan
pesaing untuk mempertahankan posisi pasar dapat dievaluasi dengan mengamati
kelemahan-kelemahan dan resiko pesaing dalam menanamkan modal barunya.
Pintu
peluang usaha baru dapat diperoleh dengan cara (Zimmerer):
• Produk
baru harus segera dipasarkan dalam jangka waktu yang relatif singkat
• Kerugian teknik harus rendah
• Bila
pesaing tidak begitu agresif untuk mengembangkan strategi produknya
• Pesaing tidak memiliki teknologi yang
canggih
• Pesaing
sejak awal tidak memiliki strategi dalam mempertahankan posisi pasarnya
• Perusahaan
baru memiliki kemampuan dan sumbe-sumber untuk menghasilkan produk barunya
·
Memperhitungkan Resiko yang Mungkin
Terjadi
Resiko
pesaing, kemampuan dan kesediaan pesaing untuk mempertahankan posisi pasarnya:
• Kesamaan dan keunggulan produk yang
dikembangkan pesaing
• Tingkat
keberhasilan yang dicapai pesaing dalam pengembangan produknya
• Seberapa
besar dukungan keuangan pesaing bagi pengembangan produk baru
Resiko
teknik adalah kegagalan dalam proses pengembangan produk. Sedangkan resiko
finansial adalah kegagalan yang timbul akibat ketidakcukupan dana.
5. Apakah
seseorang dapat dikatakan wirausaha apabila ia menciptakan barang dan jasa yang
tidak berbeda tetapi barang tersebut diciptakan dengan cara yang baru dan lebih
baik?
Jawab
:
ya.
Karena ia telah menetapkan mutu/kualitas yang baru dan lebih baik dan itu
menurut saya adalah bagian dari inovasi. Selain itu merupakan salah satu sifat
dari wirausaha adalah inovatif yang berarti memperbaharui dengan didukung oleh
hasil yang terbukti lebih baik kualitasnya, inovasi tersebut muncul dari adanya
ide dalam berwirausaha untuk menjadikan suatu barang dan jasa memiliki nilai
yang lebih dimata konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar