Kewirausahaan



1.      Jelaskan apa yang menjadi kunci sukses kewirausahaan berdasarkan uraian di atas !
Jawab : Kunci keberhasilan dalam berwirausaha menurut uraian di atas adalah dengan melakukan analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, and threat). Keberhasilan usaha di pengaruhi oleh beberapa hal:
a.       Percaya dan yakin bahwa usaha atau bisnisnya dapat dilaksanakan.
b.      Menerima gagasan baru di dalam usaha atau bisnis.
c.       Introspeksi diri.
d.      Mendengarkan saran-saran orang lain.
e.       Bersemangat dan bergaul.
Dengan memiliki modal utama untuk meraih keberhasilan diantaranya:
1)      Pola berpikir yang mengarah pada sikap dan kemampuan untuk sukkses.
2)      Kepribadian yang kuat untuk sukses.
3)      Kecakapan dalam mengelola usaha.
4)      Menerapkkan manejemen usaha yang baik.
5)      Berani memikul segala risiko dalam usaha atau bisnis.
Selain itu kunci sukses kewirausahaan yang lain diantaranya :
1. Pengetahuan khusus
Anda harus memiliki pengetahuan khusus terkait dengan bisnis yang akan jalankan. Tanpa mengetahui seluk-beluk produk atau dinamika market tertentu, Anda menempatkan diri Anda pada kegagalan. Kurangnya pengetahuan akan membuat keputusan yang buruk dan belajar dari kesalahan yang mahal bukanlah hal yang mudah bagi pengusaha. Ketika Anda men-set bisnis, hanya ada satu peluang yang sempit – satu atau paling banyak dua tahun – dimana Anda harus sukses sebelum Anda kehabisan sumber atau energi. Terlepas dari pengetahuan khusus, Anda juga harus memahami dasar area dan perdagangan bisnis Anda dengan cepat, mulai dari akun dan administrasi sampai marketing dan produksi.
2. Percaya diri
Meluncurkan bisnis baru adalah perjuangan dan tanpa kepercayaan diri dan kemampuan untuk melihat situasi, maka akan mudah hancur. Karyawan merefleksikan moral pengusaha dan jika mereka merasa Anda tidak jujur atau tidak aman, mereka akan menjadi gelisah dan tidak ada motivasi. Anda harus belajar menyimpan ketakutan dan kecemasan dalam hati dan merefkeksikannya secara personal. Dihadapan publik, Anda harus menjadi figur yang tenang dan percaya diri.
3. Keuletan
Kemampuan untuk melihat situasi adalah kualitas yang dimiliki pengusaha sukses. Orang yang demikian mampu bertahan dalam kondisi bisnis yang tidak menentu dengan keteguhan dan keuletan. Kemauan yang kuat lebih diperlukan di tahap awal usaha, bahkan ketika goncangan kecil terjadi dalam bisnis. Pengusaha harus belajar untuk bangkit dari kegagalan yang dihadapi.
4. Motivasi yang tepat
Mengapa Anda ingin memulai usaha Anda ? Apakah semata-mata untuk menghasilkan banyak uang sehingga Anda bisa membeli kondominium? Apakah ada sesuatu yang lebih tinggi yang mendorong Anda ? Pengusaha yang memiliki motivasi lebih tinggi daripada nilai sekedar kaya cenderung membangun bisnis yang bisa bertahan lama. Mereka di dorong oleh keinginan untuk menciptakan sesuatu yang berharga. Mereka memberikan benefit di lingkungannya dengan memberikan produk dan jasa yang unik atau melakukan sesuatu dengan cara yang lebih baik sehingga memberikan kesejahteraan bagi setiap orang. Tentu, mereka juga menjadi kaya secara signifikan, tapi ini yang jarang dijadikan motivasi utama.
5. Kreatifitas dan inovasi
Kreatifitas adalah kemampuan memberikan solusi unik dari permasalahan. Pengusaha sukses mengadopsi teknik pemecahan masalah yang kreatif untuk menghadapi tantangan. Pemikiran kreatif dan inovatif yang demikian diperlukan di semua area, dari mengisi kekosongan pasar, dan memvisualisasikan produk dengan sistem dan prosedur yang lebih efisien dan biaya yang efektif. Terkadang, hanya diperlukan satu ide bagus untuk mengubah keberuntungan bisnis dan mengeluarkan produk yang bagus.


6. Pandangan Strategik
Tidak ada pengusaha yang sukses tanpa pandangan stratejik terhadap perubahan banyak hal. Langkah apa yang harus diambil dimasa datang? produk baru apa yang diluncurkan ? haruskah operasional dikonsolidasikan atau ekspansi ? investasi uang atau membangun modal cadangan ? apa langkah kompetitor selanjutnya ? akankah terjadi penurunan ekonomis ? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut tergantung pada pandangan stratejik pengusaha. Pengusaha yang sudah lama malang-melintang di dunia bisnis memiliki pengalaman tersebut atau hanya dengan mengandalkan memiliki peluang yang bagus untuk sukses karena mereka bisa merasakan kemana arah angin bertiup dan akan mengarahkan kemudi di arah angin.
7. Kepemimpinan
Seorang pengusaha harus bisa menjadi seorang pemimpin. Kepemimpinan adalah kualitas yang memberikan panduan dan inspirasi bagi mereka yang melihat ke arah Anda. Banyak orang yang beruntung terlahir dengan kualitas kepemimpinan. Bagi yang lain, merupakan keterampilan yang didapat dari kerja keras dan pengalaman. Bagaimanapun, tidak ada pengusaha berhasil tanpa kualitas kepemimpinan untuk memotivasi orang yang bekerja dengannya, dorong mereka untuk memberikan yang terbaik dan tentukan arah kemana mereka melangkah.
8. Menghilangkan ego
Pengusaha dengan ego yang tinggi tidak bisa menghargai pandangan orang lain kecuali pandangannya sendiri. Mereka mudah tersinggung dan orang yang berbakat akan kesulitan bekerja dengannya. Ini bisa menjadi pangkal masalah. Karyawan dengan tingkat self-respect dan intelegensi akan meninggalkan organisasi atau berusaha low profile di tempat kerja. Mereka yang ambisius akan mengatakan pada bos apa yang hanya ingin dia dengar. Pengusaha yang egois tidak bisa menilai karyawan berdasarakan kontribusinya pada perusahaan. Mereka akan menilainya dari sudut pandang suka dan tidak suka. Pengusaha yang demikian akan menjadi santapan kompetitor.
9. Kemampuan untuk berbelok
Fleksibilitas dalam berpikir adalah kualitas kunci bagi pengusaha. Mereka harus bisa merubah pandangan dan strategi berdasarkan situasi yang terjadi. Untuk melakukannya, ego perlu dihilangkan. Jika Anda memiliki sifat yang demikian, Anda tidak akan mengakui kesalahan yang sudah Anda buat dan menolak untuk mempertanggungjawabkan keputusan Anda. Pengusaha yang egois terus menggelontorkan uang untuk proyek yang tidak memiliki harapan memberikan keuntungan. Salah satu contoh yang paling dikenal – yang masih diajarkan di sekolah bisnis – yang memiliki kemampuan untuk berbelok adalah Microsoft. Perusahaan ini tidak menghiraukan fenomena Internet saat mulai populer dipenjuru dunia. Setelah dua tahun mengabaikannya, Microsoft meninjau ulang posisinya dan “membelokkan perusahaan dalam sekejap.” Dalam melakukan perubahan, perusahaan berhadapan dengan teknologi baru, melakukan akuisisi, mengeluarkan produk baru, dan kini berada di garis depan revolusi Internet. Semua ini tidak akan pernah terjadi jika manajer puncak tidak fleksibel dalam melakukan pendekatan dan cukup rendah hati untuk mengatakan “Kami telah melakukan kesalahan dalam hal ini .”
10. Etika
Etika adalah faktor terbesar yang didengar prospek terhadap perusahaan untuk jangka panjang. Rekan – suplier, konsumen, karyawan, bankir, pemegang saham – tidak suka berhubungan dengan pengusaha yang tidak jujur. Mereka akan sulit menghilangkan sakit hatinya dan harus selalu waspada. Kejujuran dan etika adalah benih kepercayaan dan ketika orang lain mulai mempercayai Anda, banyak pintu yang akan terbuka.

2.      Mengapa ide dipandang sebagai modal utama dalam kewirausahaan?
Jawab :
Karena dengan ide bisa menghasilkan hal-hal dibawah ini :
           Inovasi
Keberhasilan wirausaha dicapai apabila wirausaha menggunakan produk, proses, dan jasa-jasa inovasi sebagai alat untuk menggali perubahan.
           Mengubah tantangan menjadi peluang
Menciptakan permintaan melalui penemuan baru (market driven).
Menurut Zimmerer, ide-ide yang berasal dari wirausaha dapat menciptakan peluang untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dalam mengevaluasi ide, wirausaha perlu mengidentifikasi dan mengevaluasi semua resiko yang mungkin terjadi dengan cara:
           Pengurangan resiko melalui strategi yang proaktif
           Penyebaran resiko pada aspek yang paling mungkin
           Pengelolaan resiko yang mendatangkan nilai atau manfaat
Ada tiga resiko yang perlu dievaluasi, yaitu:
           Resiko pasar atau resiko persaingan, terjadi akibat adanya ketidakpastian pasar
           Resiko finansial, terjadi akibat rendahnya hasil penjualan dan tingginya biaya
           Resiko teknik, terjadi akibat kegagalan teknik
Bagaimana ide dapat menjadi peluang, ada beberapa cara untuk melakukannya yaitu:
           Ide dapat digerakkan secara internal melalui perubahan cara-cara/metoda yang lebih baik untuk dapat memenuhi kepuasan pelanggan
           Ide dapat dihasilkan dalam bentuk produk dan jasa baru
           Ide dapat dihasilkan dalam bentuk modifikasi, bagaimana pekerjaan dilakukan atau dimodifikasi cara melakukan suatu pekerjaan
Selain itu ide bisa membuahkan hasil orang untuk berpikir kreatif karena ada keinginan yang kuat pada pribadinya untuk menghasilkan sesuatu kemajuan, akibat dari adanya dorongan untuk berprestasi yang tinggi serta adanya kesadaran akan pentingnya sesuatu yang baru tersebut. Berpikir kreatif sangat erat hubungannya dengan kreativitas, karena kreativitas merupakan hasil dari proses berpikir kreatif yang dilakukan seseorang. Inovasi adalah penerapan secara praktis gagasan yang kreatif.



3.      Pengetahuan, ketrampilan, dan kemampuan apa yang harus dimiliki wirausaha agar dapat bersaing dalam lingkungan global?
jawab :                                                         
·         Bekal pengetahuan yang harus dimiliki wirausaha meliputi :
1.      Bekal pengetahuan mengenai usaha yang akan dimasuki / dirintis dan lingkungan usaha yang ada.
2.      Bekal Pengetahuan tentang peran dan tanggung jawab
3.      Bekal Pengetahuan tentang manajemen dan organiasi bisnis
·         Bekal keterampilan yang harus dimiliki wirausaha meliputi :
1. Bekal keterampilan konseptual dalam mengatur strategi dan memperhitungkan resiko
2.  Bekal keterampilan kreatif dalam menciptakan nilai tambah
3.  Bekal Keterampilan dalam memimpin dan mengelola
4.  Bekal keterampilan berkomunikasi dan berinteraksi
5.Bekal keterampilan teknik usaha yang akan dilakukannya.Kemampuan kreatif dan inovatif tersebut tercermin dalam:
   Kemampuan dan kemauan untuk memulai usaha (start-up)
   Kemampuan untuk mengerjakan sesuatu yang baru (creative)
   Kemampuan dan kemampuan untuk mencari peluang (opportunity)
   Kemampuan dan keberanian untuk menanggung resiko (risk bearing)
   Kemampuan untuk mengembangkan ide dan meramu sumber daya




4.      Dengan cara apa peluang dapat diciptakan oleh wirausaha?
Jawab :
·         Menciptakan Produk Baru dan Berbeda
Produk dan jasa yang dibuat harus menciptakan nilai bagi pembeli, untuk itu wirausaha harus benar-benar mengenal perilaku konsumen di pasar.
Ada dua unsur pasar yang perlu diperhatikan:
• Permintaan terhadap barang/jasa yang dihasilkan
• Waktu penyerahan dan waktu permintaan barang/jasa
Kemampuan untuk memperoleh peluang, sangat bergantung pada kemampuan wirausaha untuk menganalisis pasar, yang meliputi aspek:
• Analisis demografi pasar
• Analisis serta tingkah laku pesaing
• Analisis keunggulan bersaing pesaing dan kevakuman pesaing yang dapat dianggap dapat menciptakan peluang
·         Mengamati Pintu Peluang
Wirausaha harus mengamati potensi-potensi yang dimiliki pesaing, misalnya:
         Kemungkinan pesaing mengembangkan produk baru
         Pengalaman keberhasilan dalam mengembangkan produk baru
         Dukungan keuangan
         Keunggulan-keunggulan yang dimiliki pesaing di pasar
Kemampuan pesaing untuk mempertahankan posisi pasar dapat dievaluasi dengan mengamati kelemahan-kelemahan dan resiko pesaing dalam menanamkan modal barunya.
Pintu peluang usaha baru dapat diperoleh dengan cara (Zimmerer):
         Produk baru harus segera dipasarkan dalam jangka waktu yang relatif singkat
         Kerugian teknik harus rendah
         Bila pesaing tidak begitu agresif untuk mengembangkan strategi produknya
         Pesaing tidak memiliki teknologi yang canggih
         Pesaing sejak awal tidak memiliki strategi dalam mempertahankan posisi pasarnya
         Perusahaan baru memiliki kemampuan dan sumbe-sumber untuk menghasilkan produk barunya
·         Memperhitungkan Resiko yang Mungkin Terjadi
Resiko pesaing, kemampuan dan kesediaan pesaing untuk mempertahankan posisi pasarnya:
         Kesamaan dan keunggulan produk yang dikembangkan pesaing
         Tingkat keberhasilan yang dicapai pesaing dalam pengembangan produknya
         Seberapa besar dukungan keuangan pesaing bagi pengembangan produk baru
Resiko teknik adalah kegagalan dalam proses pengembangan produk. Sedangkan resiko finansial adalah kegagalan yang timbul akibat ketidakcukupan dana.




5.      Apakah seseorang dapat dikatakan wirausaha apabila ia menciptakan barang dan jasa yang tidak berbeda tetapi barang tersebut diciptakan dengan cara yang baru dan lebih baik?
Jawab :
ya. Karena ia telah menetapkan mutu/kualitas yang baru dan lebih baik dan itu menurut saya adalah bagian dari inovasi. Selain itu merupakan salah satu sifat dari wirausaha adalah inovatif yang berarti memperbaharui dengan didukung oleh hasil yang terbukti lebih baik kualitasnya, inovasi tersebut muncul dari adanya ide dalam berwirausaha untuk menjadikan suatu barang dan jasa memiliki nilai yang lebih dimata konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar